Sekda menyerahkan penghargaan pendonor terbanyakPurwodadi – Perolehan pengalangan dana atau lebi akrab disebut dengan Bulan Dana PMI Kabupaten Grobogan tahun 2019 mengalami peningkatan yang cukup besar dibandingkan dengan peroleh tahun 2018 yakni dengan prosentase kenaikan sebesar 8,7 %. Atau dari Rp. 695.327.626,- di tahun 2018 menjadi Rp. 755.875.558,- di tahun 2019. Jumlah ini sesuai Laporan Ketua 1 Bulan Dana PMI Tahun 2019 Bapak Wisnu pada acara Muskerkab PMI Kabupaten Grobogan awal tahun 2020 ini. Bahkan untuk tahun 2019 mengalami pencapaian melebihi target awal yakni  sebesar 0,4 %.

Sekretaris Daerah Kabupaten Grobogan, Mohamad Sumarsono yang juga Ketua PMI Kabupaten Grobogan dalam sambutannya menyampaikan bahwa pencapaian ini mengindikasikan adanya peningkatan kesadaran masyarakat Grobogan dalam kegiatan social kemanusiaan.

“Pencapaian yang melebihi target ini  mengindikasikan bahwa, dari tahun ke tahun kesadaran masyarakat Grobogan dalam memberikan sumbangan melalui kegiatan Bulan Dana PMI. Ini nantinya dapat disalurkan guna meringankan beban bagi saudara kita  yang terdampak bencana”, tegasnya.

Sekda menambahkan bahwa bencana alam di Kabupaten Grobogan dari tahun ke tahun berdatangan silih berganti antara lain ada banjir, tanah longsor,angin puting beliung, kebakaran dan yang baru saja dialami adalah musim kemarau yang berkepanjangan dimana bagi masyarakat yang terdampak, sangat kekurangan dan membutuhkan air bersih.

Di musim kemarau Tahun 2019 lalu, khususnya PMI Kabupaten Grobogan yang bekerjasama dengan berbagai elemen masyarakat telah memberikan bantuan air bersih sebanyak 204 tangki dengan kapasitas 5000 dan 6000 liter yang dibantu oleh truk tangki pinjaman dari PMI Pusat melalui PMI Provinsi Jawa Tengah.

 

Dengan memperhatikan tugas yang sangat berat namun mulia, saya harapkan senantiasa PMI Kabupaten Grobogan bekerjasama , berkoordinasi, berkolaborasi dengan lembaga-lembaga pemerintah yang ada baik BPBD, Dinas Sosial, Badan Ketahanan Pangan,Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Kodim, Polres, Satpol PP dan stokeholder lainnya agar semua tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan tuntastandasnya mengakhiri sambutan.

Hadir dalam acara tersebut  Forkompinda Kabupaten Grobogan,Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Kabupaten Grobogan, Utusan jalur – jalur Bulan Dana PMI Se Kabupaten Grobogan, Pengurus PMI Kabupaten Grobogan, Utusan Pengurus PMI Kecamatan se Kabupaten Grobogan serta Karyawan dan Relawan PMI Kabupaten Grobogan.

(Kontributor ANS/4zi5)