×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 83

Bupati Grobogan Buka Soskor Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama

PRT 5709Sukoharjo (17/11/23) - Bupati Grobogan, Sri Sumarni membuka secara resmi acara Sosialisasi Koordinasi Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dan Pembinaan Penerapan Sistem MERIT Bagi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Grobogan yang dilaksanakan di Hotel Syariah pada 17-18 November 2023.

Dengan adanya kekosongan jabatan struktural eselon 2, Pemerintah Kabupaten Grobogan melalui Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah akan menggelar seleksi pengisian pejabat eselon 2 sebanyak 5 jabatan. Diantara jabatan tersebut yakni Asisten Pemerintahan dan Kesra, Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika serta Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah.
Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa untuk menunjang kelancaran pelaksanaan pemerintahan di Kabupaten Grobogan jabatan pimpinan tinggi pratama yang kosong harus segera diisi.
"Jabatan Tinggi Pratama yang dalam ini adalah eselon 2 yang kosong harus segera diisi. Hal ini dikarenakan eselin 2 merupakan jabatan strategis dalam mencapai keberhasilan pencapaian visi dan misi Kabipaten Grobogan. Maka perlu segera diisi sesuai dengan mekanisme yang ada yakni seleksi terbuka dan kompetitif , sehingga pelaksanaan kegiatan pemerintahan menjadi semakin kondusif dan diperoleh pejabat pimpinan tinggi pratama kabupaten Grobogan yang berkualitas," tegas Bupati.
PRT 5703Sri Sumarni juga menjelaskan bahwa sistem merit merupakan salah satu sistem dalam manajemen sumber daya manusia yang menjadikan kualifikasi, kompetensi dan kinerja sebagai pertimbangan utama dalam proses perencanaan, perekrutan, penggajian, pengembangan, promosi, retensi, disiplin dan pensiun pegawai.
"Pemberlakukan sistem merit dalam birokrasi bertujuan untuk menghasilkan ASN yang profesional dan berintegritas dengan menempatkan mereka pada jabatan-jabatan birokrasi pemerintah sesuai kompetensinya. Penerapan sistem MERIT juga memberikan manfaat dalam manajemen institusi/organisasi, khususnya PNS, di antaranya pertama, merit system dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan produktivitas, menurunkan biaya produksi dan meningkatkan pendapatan," jelas Sri Sumarni.
Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah Kabupaten Grobogan, Padma Saputra dalam laporannya menyebutkan  bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk
Memberikan pemahaman dan persamaan persepsi kepada seluruh tamu undangan terkait pengisian kekosongan Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dan perlu diketahui bersama bahwa penerapan sistem MERIT di Kabupaten Grobogan dalam kategori baik yakni skor 273.
Hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Derah Kabupaten Grobogan yang juga selaku narasumber, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Kepala OPD Kabupaten Grobogan beserta jajaran, Camat seKabupaten Grobogan, Kabag di lingkungan Setda Grobogan serta narasumber dari BKN yakni Wakil Ketua Komisi ASN Tasdik Kinanto, S.H.,M.Hum dan Asisten Komisioner KASN Wilayah 1 Dr. Sumardi,S.E.,M.Si, Auditor KASN Ayu Jayanti, S.A.P., M.Si serta Akademisi UMS Surakarta Bpk. Tohana.
(Kontributor : Protkompim-AzS/HNsT)