Rapat Strategis Sekda Grobogan: Tantangan dan Langkah Pemenuhan Data MCP KPK 2024

WhatsApp Image 2024 06 11 at 13.13.15Purwodadi — Sekretaris Daerah Kabupaten Grobogan, Anang Armunanto, S.Sos., M.Si., memimpin rapat koordinasi pemenuhan data dukung (eviden) Monitoring Center for Prevention (MCP) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) semester pertama tahun 2024. Rapat ini berlangsung di ruang rapat Bupati pada Selasa, 11 Juni 2024, dan diinisiasi oleh Inspektorat Kabupaten Grobogan.

Dalam sambutannya, Sekda Anang Armunanto menegaskan pentingnya rapat koordinasi ini untuk memantau sejauh mana progres pemenuhan data MCP KPK semester pertama tahun 2024. "Rapat ini diperlukan guna melihat sejauh mana progres pemenuhan data MCP KPK, mengingat tahun ini terdapat delapan area yang harus dipenuhi," ujar Anang.

Delapan area MCP KPK yang dimaksud meliputi perencanaan, penganggaran APBD, pengadaan barang dan jasa, pelayanan publik, pengawasan APIP, manajemen ASN, optimalisasi pajak daerah, serta pengelolaan BMD (Barang Milik Daerah). Setiap area ini memerlukan data dukung yang valid dan akurat untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam pemerintahan.

WhatsApp Image 2024 06 11 at 13.13.36Rapat tersebut dihadiri oleh berbagai perangkat daerah, termasuk Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperakim), Badan Pengelola Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD), Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), dan dinas lain yang terkait. Hadir juga Kepala Bagian Pengadaan Barang/Jasa Setda dan Kepala Bagian Organisasi Setda.

Sekda Anang mengingatkan pentingnya sinergi antar-perangkat daerah dalam memenuhi eviden MCP KPK. Menurutnya, kerjasama dan koordinasi yang baik antar perangkat daerah sangat diperlukan untuk mencapai target yang telah ditetapkan.

Pemenuhan data dukung MCP KPK merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik di Kabupaten Grobogan. Harapannya, dengan terpenuhinya delapan area MCP KPK ini dapat menciptakan pemerintahan yang bersih, transparan, dan akuntabel.

Diharapkan, melalui rapat koordinasi ini, seluruh perangkat daerah dapat lebih memahami pentingnya pemenuhan data dukung MCP KPK dan berkomitmen untuk menyelesaikan tugas masing-masing tepat waktu. Pemerintah Kabupaten Grobogan berkomitmen untuk terus meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan pemerintahan, sebagai upaya untuk mendukung program pencegahan korupsi yang diinisiasi oleh KPK.

Dengan langkah-langkah ini, Kabupaten Grobogan berharap dapat meraih hasil yang optimal dalam pemenuhan MCP KPK semester pertama tahun 2024, dan pada akhirnya, menciptakan tata kelola pemerintahan yang lebih baik demi kesejahteraan masyarakat.

(Protkompim— JSA)

Admin Setda