Uncategorised
IMG 20210716 WA0008GROBOGAN (16/7) - Bupati Grobogan Sri Sumarni saat meninjau Mobil Swab PCR dari Polres Grobogan yang berasal bantuan dari Mabes Polri. Dimana Bupati mengucapkan apresiasi dan terima kasih pada Polri sehingga membantu pengujian menjadi lebih cepat dari rumah sakit dan puskesmas sehingga hasilnya cepat diketahui.
 
“Mudah- mudahan dengan adanya Mobile Swab PCR hasilnya cepat diketahui dan yang positif bisa segera isolasi dan kiriman dari rumah sakit bila negatif, pasien bisa dipindahkan sehingga bisa mengurangi BOR,” kata Sri Sumarni. Jumat (17/6).
 
Ditambahkan Bupati, selama ini proses swab PCR menunggu 3 s/d 10 hari, sehingga angka BOR di Grobogan tinggi terus sehingga diharapkan dengan Mobile Swab PCR bisa cepat terdeteksi dalam waktu 6 jam. Selama PPKM Darurat, Polres Grobogan mendatangkan kontainer Swab PCR yang ditempatkan di Dinkes Grobogan. "Dalam sehari, Mobile Swab PCR itu diperkirakan bisa memeriksa hingga 138 sampel," tambahnya. 
 
Sementara kontainer sengaja di tempatkan di halaman Dinkes tersebut mendukung upaya percepatan testing Covid-19 di Kabupaten Grobogan. Lantaran hasilnya bisa ditunggu dalam hitungan jam. Selama ini pengujian sampel swab dikirim di laboratorium Semarang,  mengalami antrean yang cukup lama, jika kasus sedang tinggi bisa 4-5 hari baru jadi hasilnya.
 
Kapolres Grobogan AKBP Benny Setyowadi berharap dengan adanya kontainer Swab PCR ini diharapkan upaya pengujian menjadi lebih cepat dan upaya 3T meliputi tracing, testing dan treatment menjadi lebih optimal. (ori).
Written by Admin Setda