Uncategorised

WhatsApp Image 2021 10 07 at 09.15.01GROBOGAN - Pemerintah Kabupaten Grobogan melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan menggelar Sosialisasi dan Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD), pada Kamis (7/10) di Gedung Riptaloka Setda Grobogan.

Acara yang dimulai pukul 08.30 WIB ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagi para pengelola arsip OPD dan desa dalam mengoperasikan aplikasi SIKD. Selain itu, acara ini digelar guna meningkatkan kualitas pengelolaan kearsipan secara elektronik untuk efektivitas dan efisiensi kinerja perangkat daerah di Kabupaten Grobogan.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan, Supriyanto, S.Sos., M.M., melaporkan sosialisasi ini dibagi menjadi dua angkatan, yaitu tanggal 7 dan 11 Oktober 2021, yang diikuti oleh Kasubbag Umum atau pengelola arsip dari Badan, Dinas, Kecamatan hingga pengelola arsip di tingkat Desa.

 

Sekretaris Daerah Kabupaten Grobogan, Dr. Ir. Moh Sumarsono, M.Si, membuka secara langsung acara sosialisasi tersebut. Dalam sambutannya, Sekda Grobogan menyampaikan pengelolaan arsip merupakan hal yang penting dan fundamental untuk mewujudkan penyelenggaraan administrasi pemerintahan yang efektif dan efisien.

“Arsip kini tidak hanya digunakan sebagai catatan historis, tetapi digunakan juga sebagai informasi dalam pengambilan keputusan yang bersifat teknis dan strategis dalam penyelenggaraan administrasi pemerintahan,” terang Sekretaris Daerah Kabupaten Grobogan.

Sekda Grobogan menambahkan, Pemerintah Kabupaten Grobogan, melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan selalu berusaha untuk mengembangkan teknologi pengelolaan kearsipan, salah satunya melalui aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD). Ke depannya, tidak diperlukan lagi arsip-arsip berupa berkas, namun telah berubah menjadi data-data elektronik.

(Kontributor: Lthf, An)

Written by Admin Setda