Berita Pembangunan

WhatsApp Image 2021 08 26 at 10.07.22GROBOGAN - Wakil Bupati Grobogan, dr. Bambang Pujiyanto, M.Kes., menyerahkan hadiah Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (KRENOVA) Tingkat Kabupaten Grobogan Tahun 2021 pada Kamis (26/08/2021) di Ruang Rapat Wakil Bupati. Lomba KRENOVA ini merupakan lomba tahunan yang diselenggarakan oleh Bappeda Kabupaten Grobogan untuk menumbuhkan kreativitas dan inovasi masyarakat Grobogan dalam menciptakan, merekayasa alat/ produk yang dapat bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Grobogan.

Dalam laporannya, Kepala Bappeda Kabupaten Grobogan, Anang Armunanto, S.Sos., M.Si., menyampaikan bahwa Lomba KRENOVA ini menjadi kesempatan bagi masyarakat Grobogan untuk mengasah kreativitas dan inovasinya. Para pemenang lomba didampingi dengan memberikan pelatihan hingga meraih juara Lomba KRENOVA di tingkat provinsi dan nasional. Para pemenang lomba juga diberikan kesempatan untuk mengikuti pameran-pameran dan pengurusan Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

“Para pemenang lomba ini tidak kami lepas begitu saja, kami bina mereka di Technopark. Misalnya, pada tahun 2019 kemarin, salah satu kreator kita membuat inovasi Mi Tek-tek Instan yang terbuat dari jagung dan tepung mokaf. Kami bina terus hingga dapat meraih juara 1 di tingkat provinsi. Ada juga Bending 3 Axis Man-Tech, alat rekayasa konstruksi untuk melipat besi dan pipa yang meraih juara 2 provinsi dan juara pertama dalam Anugerah IPTEK dan Inovasi Nasional Labdha Kretya Kemenristek Dikti 2019,” terang Kepala Bappeda Kabupaten Grobogan.

Pada Lomba KRENOVA Tahun 2021 ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu Kategori Kreativitas yang dimenangkan oleh SMK Taruna Kecamatan Kradenan sebagai juara pertama. Juara kedua diraih oleh SMAN 1 Pulokulon, juara ketiga diraih oleh SMAN 1 Karangrayung, dan juara Harapan I diraih oleh warga Kelurahan Purwodadi. Sedangkan yang menjadi juara pertama, kedua, ketiga dan harapan I dalam Kategori Inovasi secara berurutan adalah SMAN 1 Geyer, MA Al Hamidah Kecamatan Kradenan, Desa Penadaran Gubug, dan SMKN 2 Purwodadi.

Wakil Bupati Grobogan, dr. Bambang Pujiyanto, M.Kes., dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para pemenang Lomba KRENOVA Tahun 2021. Wakil Bupati Grobogan juga berharap inovasi-inovasi yang telah dihasilkan ini dapat bermanfaat dan berkelanjutan sehingga mampu membantu kehidupan masyarakat.

“Saya sangat berharap agar para juara ini dilakukan pendampingan, bahkan mungkin perlu kita evaluasi bersama. Kendalanya apa agar mereka bisa berkarya lebih baik lagi. Jadi tidak hanya sekadar juara, setelah itu selesai. Saya kira perlu dilakukan pendampingan dan perlu dibantu pemasarannya sehingga mampu meningkatkan ekonomi daerah dan kemandirian masyarakat Kabupaten Grobogan,” ungkap Wakil Bupati Grobogan.

(Kontributor: Lthf, An)

Written by Admin Setda