Please install Easybook Reloaded!

IMG 20210831 WA0051GROBOGAN - Wakil Bupati Grobogan, dr. Bambang Pujiyanto, M.Kes., membuka pertemuan “Pemecahan Masalah dan Mencari Solusi terhadap Peningkatan Jumlah Kasus Kematian Ibu di Kabupaten Grobogan,” secara virtual, pada Selasa (31/8/2021) di Ruang Kerja Wakil Bupati. Pertemuan lintas sektor ini digelar untuk mencari solusi atas meningkatnya kasus kematian ibu di Kabupaten Grobogan.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan, jumlah kasus kematian ibu di Kabupaten Grobogan terus meningkat. Pada tahun 2019, terdapat 36 kasus dan pada tahun 2020 terdapat 31 kasus kematian ibu. Sementara itu, pada tahun 2021, terhitung hingga bulan Agustus 2021 ini, jumlah kasus kematian ibu meningkat hingga 68 kasus. Dari 68 kasus tersebut, 22 kasus diantaranya disebabkan oleh Covid-19.
Dalam sambutannya, Wakil Bupati Grobogan, dr. Bambang Pujiyanto, M.Kes., mengatakan perlunya solusi yang tepat dalam memecahkan persoalan kematian ibu di Kabupaten Grobogan karena telah terjadi peningkatan jumlah kasus lebih dari 100% dibandingkan tahun sebelumnya. Wakil Bupati Grobogan menambahkan perlunya mencari tahu akar penyebab permasalahan tersebut.
 
“Kita di sini berkumpul secara daring untuk mencari tahu apa yang melatarbelakangi peningkatan Angka Kematian Ibu (AKI) di Kabupaten Grobogan ini. Apakah berkaitan dengan persiapan kehamilan, apakah sistem rujukannya, apakah jaminan kesehatannya, atau apakah kepatuhan SOP pelayanan kesehatannya. Menurut data terakhir, dari 68 kasus kematian ibu ini, 58 kasus terjadi di Rumah Sakit. Kita perlu melakukan evaluasi terkait hal ini,” ungkap Wakil Bupati Grobogan.
 
IMG 20210831 WA0054Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Grobogan menghimbau Rumah Sakit untuk berbenah agar kasus kematian ibu di Kabupaten Grobogan dapat berkurang melalui peningkatan disiplin terhadap kepatuhan menjalankan SOP, peningkatan jumlah SDM, dan pemenuhan peralatan yang dibutuhkan. Selain itu, diperlukan juga sinergitas seluruh unsur masyarakat dan Pemerintah untuk bersatu bersama-sama menurunkan Angka Kematian Ibu di Kabupaten Grobogan.
Hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan, Kepala DP3AKB Kabupaten Grobogan, Executive Direktur dan Program Manager dari Project HOPE, serta tamu undangan lainnya.
(Kontributor: Lthf, An)