Berita Pembangunan

WhatsApp Image 2021 09 07 at 13.20.07GROBOGAN - Wakil Bupati Grobogan, dr. Bambang Pujiyanto, M.Kes., mengajak masyarakat Grobogan untuk gemar membaca dan menulis dalam Pembukaan Acara Festival Seni dan Lomba Seni Kabupaten Grobogan Tahun 2021, di Aula Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan, pada Selasa (7/9/2021).

Festival yang diadakan secara klasikal dan virtual ini bertema “Membangun Grobogan Semakin Hebat dengan Literasi” dan akan berlangsung dari tanggal 7-9 September 2021. Sasaran dari festival ini mencakup para siswa sekolah negeri SD/MI, SMP dan SMP Negeri Satu Atap, Kepala Perpustakaan dan Petugas Pengelola Perpustakaan Sekolah, para siswa SLB dan para peserta didik lainnya.

Berdasarkan laporan dari Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan, Supriyanto, S.Sos, M.M., mengatakan bahwa pelaksanaan acara ini diselenggarakan atas Dasar Hukum UU no 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, Pasal 7 ayat (1) huruf e, bahwa pemerintah berkewajiban menggalakkan promosi gemar membaca dan memanfaatkan perpustakaan. Selain itu, acara ini diselenggarakan untuk menumbuhkembangkan kegemaran membaca, menulis, berkarya, serta menggerakkan masyarakat terhadap kecintaan budaya bangsa.

 

Wakil Bupati Grobogan, dr. Bambang Pujiyanto, M.Kes. menyambut baik Festival Literasi dan Lomba Seni ini karena literasi merupakan keterampilan membaca dan menulis serta sebagai upaya dalam pembentukan karakter yang mengarakan peserta didik untuk berkesenian menulis dan membaca dan dilatih pula untuk memiliki kepekaan efektif, estetis demi memperkuat rasa percaya diri melalui kesenian sebagai media ekspresi.

Wakil Bupati Grobogan menambahkan bahwa Pemerintah Kabupaten Grobogan mendukung penuh dan mendorong kebudayaan gemar membaca dan menulis. Melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan menggerakkan berbagai kebijakan agar guru, siswa, mahasiswa dan pihak sekolah untuk aktif menulis. Sejumlah pelatihan, menulis artikel, bercerita dan menggambar juga telah dilombakan untuk membangkitkan budaya literasi.

“Marilah kita tingkatkan budaya membaca sebagai rutinitas, membaca sebagai suatu kebiasaan dan bahkan kebutuhan. Melalui Festival Literasi ini menjadi tempat terbaik untuk mendiskusikan upaya-upaya, menyalakan masa depan untuk mewujudkan Indonesia maju,” terang Wakil Bupati Grobogan.

Acara pembukaan diakhiri dengan penandatanganan secara simbolis oleh Wakil Bupati Grobogan beserta perwakilan Forkopimda Kabupaten Grobogan dan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan sebagai bentuk ajakan bagi masyarakat Kabupaten Grobogan untuk menumbuhkan dan menggerakkan literasi, minat membaca dan menulis dalam rangka membangun Grobogan yang lebih hebat. Dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan Perpustakaan Sekolah Nilai Akreditasi A dari Perpustakaan Nasional RI oleh Wakil Bupati Grobogan kepada Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Purwodadi, Kepala Sekolah SMKN 1 Purwodadi, dan Kepala Sekolah SMKN 2 Purwodadi.

(Kontributor: Lthf, An)

Written by Admin Setda