Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriyah.
Sekda Grobogan Membuka Acara Fasilitasi Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional (SIPPN) Tahun 2022 Kabupaten Grobogan yang Diselenggarakan oleh Bagian Organisasi Setda Grobogan di Gedung Riptaloka Setda Grobogan, Senin (25/7/2022)
Gerakan Cegah Stunting dengan |dq|Isi Piringku|dq|
Selamat Hari Koperasi Nasional Th. 2022
Sekda Grobogan Membuka Acara Asistensi Penilaian Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Grobogan Tahun 2022 di Hotel Front One Purwodadi, Rabu (6/7/2022)
Rapat Koordinasi Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah bertempat Ruang Rapat Wakil Bupati Grobogan. Kamis, 30 Juni 2022.
Sekda Grobogan membuka acara pembinaan dan Pelatihan MTQ Tk. Kab. Grobogan Tahun 2022
Selamat Hari Anti Narkoba Internasional Tahun 2022
Sekda Grobogan, Moh. Sumarsono membuka kejuaraan Bulu Tangkis Bupati Cup I tahun 2022.
Selamat Hari Donor Darah Sedunia
Selamat Hari Donor Darah Sedunia
Pemkab Grobogan Berangkatkan 632 jamaah Calon Haji Grobogan tahun 2022.
Selamat Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei Tahun 2022
"Ayo Bangkit Bersama"
Sekda Grobogan mendampingi Bupati Grobogan dalam penerimaan LHP LKPD dari BPK Semarang, 13 Mei 2022.
Selamat Hari Palang Merah Dunia
"Ucapan terima kasih kepada semua orang yang telah berjasa untuk keselamatan sesama"

"SEKILAS GROBOGAN"

AGENDA PIMPINAN DAERAH

Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
25
26

Sekda Grobogan: Penerapan SPIP Harus Berorientasi pada Hasil dan Kinerja yang Berkualitas

IMG 20220706 WA0008Grobogan - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Grobogan membuka acara “Asistensi Penilaian Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Grobogan Tahun 2022” yang diselenggarakan oleh Inspektorat Kabupaten Grobogan bertempat di Hotel Front One Purwodadi, Rabu (6/7/2022).

Dalam sambutannya, Sekda Grobogan, Dr. Ir. Moh Sumarsono, M.Si, menjelaskan bahwa Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) merupakan amanat PP No. 60 Tahun 2008. Berdasar PP tersebut, Sistem Pengendalian Intern adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan, yang dilaksanakan secara menyeluruh, mulai dari pemerintah pusat sampai dengan pemerintah daerah.
“Hal tersebut secara tidak langsung merupakan sistem yang bertugas mengawal kesesuaian Program Nasional dan Program Daerah, serta memberikan jaminan dan keyakinan yang memadai atas tercapainya tujuan dan sasaran  program-program pemerintah  tersebut”, jelasnya. 
Moh. Sumarsono menungkapkan bahwa meskipun perolehan hasil penilaian maturitas SPIP tidak menjamin tidak adanya pidana korupsi, tetapi  berguna sebagai upaya untuk meminimalisir potensi kerawanan tindak pidana korupsi di lingkungan masing-masing instansi. Mengingat penyelenggaraan SPIP terintegrasi memperhatikan peningkatan Kapabilitas APIP (Aparat Pengawasan Intern Pemerintah), pengelolaan resiko dan pengendalian korupsi (Indeks Efektifitas Pengendalian Korupsi) sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.
Lebih lanjut, Sekda Sumarsono menjelaskan bahwa penyelenggaran SPIP merupakan salah satu implementasi atas amanat pelaksanaan Reformasi Birokrasi untuk mewujudkan birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang efektif dan efisien, serta birokrasi yang mampu memberikan saran dan perbaikan dalam rangka meningkatkan kualitas reformasi birokrasi. 
“Mewujudkan Good and Clean Government, dengan penerapan SPIP harus berorientasi pada hasil dan mampu memberikan manfaat lengkap dalam melakukan perbaikan yang bermuara pada kinerja yang lebih berkualitas”, tegasnya.
Pada kesempatan tersebut, pihaknya memberikan saran berkaitan dengan Hasil penilaian Baseline SPIP Kabupaten Grobogan yang diraih pada tahun 2021. Di antaranya adalah melakukan penyelarasan antara sasaran strategis OPD dengan sasaran strategis Pemerintah Daerah, melakukan validasi lebih cermat atas ukuran indikator kinerja OPD dan Pemerintah Daerah agar memenuhi indikator yang SMART (Specific, Measurable, Agreeable, Realistic, Time-bounded), serta lebih cermat dalam penyusunan dokumen perencanaan, khususnya atas keselarasan sasaran strategis OPD dengan sasaran strategis Pemerintah Daerah serta target dan indikator kinerja OPD dan Pemerintah Daerah.
Asistensi Penilaian Maturitas SPIP Terintegrasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Grobogan Tahun 2022 ini diikuti oleh 50 peserta, yang terdiri dari unsur OPD, Satgas SPIP, dan Tim SPIP dari inspektorat, dengan narasumber dari BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Tengah. Adapun maksud dan tujuan penyelanggaraan acara tersebut adalah memberikan pemahaman yang sama kepada seluruh OPD berkaitan dengan SPIP, meningkatkan kompetensi asesor di level pemerintah daerah maupun di level OPD serta meningkatkan penyelenggaraan pengendalian intern pemerintah secara terintegrasi.
(Kontributor: Protkompim-JSA)
 

Admin Setda

Pengunjung

Hari Ini 27

Kemarin 33

Minggu Ini 60

Bulan Ini 206

Seluruh 18608

Currently are 21 guests and no members online

Kubik-Rubik Joomla! Extensions

Temukan Kami Disini